Fakta Tentang Jurusan IPA dan IPS

Di posting oleh Iwan Restu Putra pada 09:48 PM, 09-Oct-11

Di: Artikel

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa anak IPA adalah murid yang paling top di SMA, murid terpilih, paling pinter, paling cerdas, dalam kaitan relatif paling tinggi IQny. Tak sedikit juga yang menganggap bahwa anak IPSlah yang merupakan murid buangan,bodoh,bebal pola pikirnya, tak punya masa depan, cuma pelengkap, pelajar santai, urakan. Semakin lama,opini diatas semakin menjadi suatu keyakinan. Apalagi banyak orang tua menginginkan anaknya ke IPA,sampai ada yang nangis segala. No...No...No... Itu salah besar sob,saudara. Bukan karena saya anak IPS,tapi ada hal yang lebih penting yang menjadi alasan dasar

1. Dari segi Materi Pelajaran, pada dasarnya nilai yang terkandung setiap mata pelajaran antara IPA dan IPS sama/sebanding,yang membedakan cuma nama. IPA punya Fisika,Biologi,Kimia dan IPS punya Ekonomi(+Akuntansi),Geografi,Sosiologi. Dalam spesialisasianya, pelajaran menghitung(penuh rumus) IPS punya Ekonomi(+Akuntansi),Geografi,namun IPA cuma ada Fisika dan Kimia. Menghapal, IPS punya Ekonomi dan Sosiologi, begitupun IPA hanya ada Biologi dan Kimia adanya. Dari hal itu,terlihat jelas materi kedua jurusan sebanding dan sama berat.
2. Mengacu pada materi ujian. Saat Ujian Nasional SMA dan setingkatnya, prosentase kelulusan anak IPA lebih besar, itu benar. Eits, anak IPA jangan sombong dulu. Itu karena apa. Perbedaan soal ujian antara IPA dan IPS sangat mendasar, IPA punya soal yang konstan/stabil/tetap, soal ujiannya hampir sama bahkan sama persis dengan soal ujian sebelumnya,contohnya cuma diganti nama pelaku soal cerita. Itu memberikan peluang besar ingat dan hafal betul soal soal ujian. Beda dengan soal ujian IPS, soal ujian IPS bersifat labil, lebih banyak pembaruan materi soal, ini mengingat pelajaran IPS yang selalu mengikuti perkembangan dunia. Dengan itu, anak IPS harus berfikir dinamis mengikuti materi pelajaran. Itu perbedaan yang membuktikan kejeniusan pola pikir IPS yang lebih unggul.Apakah saudara masih berfikir IPA lebih unggul ?
3. Setelah lulus jadi apa ? Ditarik garis besar, anak IPA hanya punya kesempatan di beberapa bidang yang menjurus ke farmasi,kedokteran,komputer,itupun harus dilalui dengan kuliah untuk mempermudah. Anak IPS jangan tanya, peluangnya sangat banyak. Akuntan,perkantoran,kebidanan, STAN, hampir semua bisa dijamah tanpa kuliah, walaupun tak dapat pekerjaan atau kuliah,masih bisa membuat lapangan pekerjaan sendiri,toh sudah dibekali ilmu ekonomi. Semua itu menandakan peluang IPS lebih banyak dan memberi alasan mengapa kelas di IPS lebih banyak.
Atas beberapa alasan tersebut di atas, masihkah anda berfikir IPA yang terbaik, saya sarankan berfikirlah 100 x lagi. Berfikirlah yang lebih modern lagi. Ingat, IPA tak ada tanpa IPS,IPS juga tak ada tanpa IPA.
Artikel ini dibuat tanpa unsur SARA. Anak IPS jangan berkecil hati lagi,kalian bukan buangan,tapi pilihan,juga kebanggaan. Kurang lebihnya mohon maaf.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

23 tanggapan untuk "Fakta Tentang Jurusan IPA dan IPS"

Anang Gugel pada 11:00 PM, 09-Oct-11

mAannntaapppp mass......

Iwan Restu pada 04:14 AM, 10-Oct-11

siiiip... Dishare ya !

jhha pada 07:18 AM, 10-Oct-11

waw,ajieb

hendry pada 01:56 PM, 10-Oct-11

mantap broo..
Ane msh kls 1 jd msh mikir2..

Iwan Restu pada 02:15 PM, 10-Oct-11

bgus dh klo gtu..bwt referensi aj sob..mumpung blum trlnjur

In-drayzie the makie pada 02:46 PM, 10-Oct-11

Info yang bagus. Nice Post. Izin Bookmart. Jangan lupa kunjung balik ok wink

Iwan Restu pada 03:15 PM, 10-Oct-11

ea..dishare y sob

Fathul Wahab Amrudin pada 04:46 PM, 10-Oct-11

ane stuju gan, krn ane lulusan IPS

Iwan Restu pada 05:13 PM, 10-Oct-11

stju sob, tp ane bkan krna ane ank IPS, tp krna itu knytaany

bernad pada 05:31 PM, 10-Oct-11

ems.. blogmu dewek toww.. yaw.. Siiipp

Iwan Restu pada 06:04 PM, 10-Oct-11

bernad,. Iyow nu, galo fotone dwur dw

hery pada 10:22 AM, 13-Oct-11

masi bnyak lg bray keunggulan anak ips yang tiada tara, yaitu . . ? ?
1.jago phreaking
2.jago modding
3.jago hacking
4.jago copasing biggrin
5.de el el ing . . sad

Iwan Restu pada 11:37 AM, 13-Oct-11

klo copasing sih g ad sob, cz ank ips kn kreatifitsny tnggi
biggrin

Rezky Tunando pada 07:03 PM, 14-Nov-11

syyyyyyyyyyyyyyyyyyyip
sya ank ips klz 2 mass

Arwani pada 06:48 PM, 12-Apr-12

Mantep brow, aq suka

zahrin pada 03:46 PM, 13-Apr-12

IPS
ikatan pelajar sukses

R Anwar Ady pada 08:49 PM, 11-Aug-12

aku anak IPA,

syifa suryana pada 06:38 PM, 19-Mar-13

benar... memang selama ini ips dipandang sebelah mata...
tapi saya tetap bangga jadi anak ips.,,
saya setuju dengan isi artikel di atas....
kalau memang anak ips dianggap anak buangan, kenapa harus diadakan jurusan ips????
hidup harus seimbang,,, ada ipa, bearti harus juga ada ips... smile

Agus pada 06:19 PM, 16-Apr-13

Hmmm,,anak ipa gak ad tc yg menganggap bahwa anak ips tc buangan..aku anak ipa, ips jgn bngga juga dgn artikel d atas,,tau ngak gan sebenar'a jurusan ipa n ips tc sama saja,.y tc'a kan d liat dari siswa/i nya lage,,meskipun jurusan ips lebih bnyak keunggalan kata gan belum tentu semua keunggulan jurusan ips tc d kuasai,,n tdi gan bilang bahwa lebih bnyak peluang kerja kalo ngambil jurusan ips,bukan bearti jurusan ipa gak punya bnyak peluang juga gan,,kita d dunia ini punya tuhan gan yaitu allah swt,,rezki kita tc udah ad yg ngatur,bukan karna jurusan...
Jd yg bagi temen" yg milih jurusan ipa jgn kecil hati y dgn artikel d atas,,tetep semangat

noor wahyuni. pada 09:31 AM, 02-Jul-13

siippp dech,,<br />
IPA/IPS itu cuman sebuah pilihan,,IPA/IPS tergantung orangnya juga mau sukses atau enggak,, mau masuk jurusan paling hebat didunia kah,, kalau enggak ada usahanya+do'anya semua bakal PERCUMA,, dan sia-sia... <3<br />

Mawardi pada 10:30 PM, 04-Jan-14

Saya Anak IPA
Menurut Saya IPA dan IPS itu sama saja, Tapi Yang Membedakannya Adalah Anak IPS sedikit Malas/jahil dibandingkan Dengan Anak IPA.
thanks.

secret pada 11:18 PM, 16-Apr-14

Iya ipa sama ips sama aja kok,ini kan untuk artikel anak ips,untuk membangkitkan rasa semangat dan percaya diri karna ips dianggap anak buangan dan ipa dianggap anak paling top dan paling pinter..semangat ya untuk ipa dan ips.jadi ya untuk anak ipa gak usah tersinggung dengan artikel diatas,artikel diatas sifatnya hanya untuk membangun anak ips aja kok biar gak down karna sering dibeda bedain sama anak ipa,thanks..

Monk pada 08:55 AM, 27-May-14

AKMIL itu cuma ngambil jurusan IPA jadi ... Jadi yg pasti pasti aja

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar